Warga Di Jateng, Di Himbau Waspada Akibat Angin Kencang Yang Timpa Beberapa Daerah

Warga Di Jateng, Di Himbau Waspada Akibat Angin Kencang Yang Timpa Beberapa Daerah – Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang mencatat, masuk peralihan musim kemarau ke penghujan, beberapa awan lenticularis muncul berwujud spiral di beberapa daerah di Jateng. Terdapatnya awan itu yg hadir memicu kecepatan angin kekuatan mengganggu kegiatan beberapa pemakai jalan.

” Dua ini hari angin kencang, mesti diawasi tidak hanya ganggu kegiatan pemakai motor, angin berkecepatan 25 knot dapat membuat ranting-ranting atau batang pohon bertumbangan di jalan raya. Penduduk mesti siaga, ” kata Kepala Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang Tuban Wiyoso waktu di konfirmasi, Senin (10/9).

Dijelaskan Tuban, kalau terdapatnya awan lenticularis memicu cuaca di lokasi Jateng berawan diikuti angin kencang.

” Ada banyak kabupaten kota yg dua ini hari angin kencang. Buat intensitas angin banyak berlangsung di Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kendal, ” katanya.

Angin kencang diperhitungkan sampai hingga awal musim penghujan. ” Mungkin angin kencang kira-kira hingga sampai awal Oktober masuk musim penghujan. Walau beberapa ada yang diguyur hujan dengan intensitas rendah, ” katanya.

Tuban menuturkan kalau terbentuknya awan lenticularis diakibatkan terdapatnya angin berkecepatan tinggi yg menabrak gunung-gunung menjulang tinggi di Kabupaten Semarang, pasnya gunung Ungaran.

” Hingga anginnya membelok lantas membuat spiral. Lantas kebetulan ada awan hingga berwujud spiral yg ikuti angin, ” kata Tuban.