Satu Kampung Usaha Mujair Asap Di Sidoarjo

Satu Kampung Usaha Mujair Asap Di Sidoarjo – Sidoarjo di kenal dengan hasil olahan udang serta ikan bandengnya. Rata-rata keduanya disediakan lewat langkah diasap. Tapi bukan cuma udang serta ikan bandeng saja yang diasap.

Ada juga ikan mujair asap yang tdk kalah gurihnya dengan bandeng asap, terlebih seandainya disediakan dengan sambal terasi.

Salah satunya sentra usaha ikan mujair asap di Sidoarjo ada di Desa Penatar Sewu Kecamatan Tanggulangin. Di desa ini sebagian besar masyarakatnya melaksanakan pengasapan ikan mujair.

Kesibukan pengasapan ikan mujair rata-rata di awali lebih kurang waktu 06. 00 sampai waktu 13. 00 WIB. Sebelum saat dijalankan pengasapan, ikan mujair fresh yang baru didapat dari tambak itu selanjutnya dibuat bersih. Seterusnya dicuci dengan air mengalir. Sesudah tertib rapi selanjutnya diasap diatas panggangan besi didalam tungku.

” Ikan ini sebelum saat diasap dibuat bersih dengan manual. Sesudah tuntas dicuci baru diasap. Pengasapannya butuh hati-hati supaya ikan tdk sangat hitam, ” kata Masruroh (25) , salah satunya penjual mujair asap di tempat tinggalnya, Rabu (11/4/2018)

Warga Desa Penatar Sewu RT 8 RW 2 ini mengakui sehari-harinya menggunakan 2, 5 sampai 3, 5 kuintal ikan mujair fresh. Ikan mujair fresh ini didapat dari tambak. Rata-rata sang suami yang bertugas beli ikan fresh.

” Seandainya pingin memperoleh jumlah yang banyak pergi lebih awal lebih kurang waktu 03. 00 awal hari, ” jadi Masruroh.

Masih tetap kata Masruroh, dengan pergi ke tambak lebih awal, jadi mereka dapat mengawali sistem pengasapan lebih awal, yakni lebih kurang waktu 07. 00 pagi. Ini dikarenakan sistem pengasapan yang perlu saat sepanjang tiga jam.

” Sistem mulai awal kami jalankan dengan suami, sehabis jadi ikan asap pemasarannya juga kita berdua. Saya jual ke Pasar Porong, sesaat suami berjualan keliling ke perumahan-perumahan, ” terangnya.

Masruroh memaparkan, usaha ikan mujair asap ini telah dilakoninya sejak mulai empat th. saat lalu, menyambung usaha punya orang tuanya. Bicara terkait keuntungan yang didapat dari pengasapan ikan mujair ini, Masruroh mengakui lebih dari cukup. Terlebih tidak cuman jual ikan mujair asap ke pasar-pasar, ia banyak pula terima pesanan.

” Seandainya ada pesanan untungnya cukup lumayan. Ikan mujair fresh kami beli per kilonya Rp 23 ribu, sesaat sehabis jadi ikan mujair asap di jual Rp 48 ribu perkilonya. Per harinya dapat untung pada Rp 300 ribu sampai Rp 450 ribu, ” tangkisnya.