Produksi Padi Turun Bikin Stok Beras Menyusut

Produksi Padi Turun Bikin Stok Beras Menyusut – Produksi padi yang menyusut membuat stock beras ikut menyusut. Salah satunya yang membuat produksi menyusut ialah aspek cuaca.

Aspek cuaca seperti kemarau dan hujan bisa menghalangi produksi beras. Ditambah lagi saat masuk perubahan musim, perihal yang di kuatirkan ialah terjadinya el nino.

El Nino adalah tanda-tanda penyimpangan keadaan laut yang bisa menyebabkan kekeringan di sejumlah lokasi sekaligus juga hujan lebat di lokasi lainnya.
Di Indonesia, el nino mengakibatkan musim kemarau panjang sebab pengurangan curah hujan yang berarti.

“Kemarau, hujan punya pengaruh ditambah lagi kan saat ini takutnya ada ini ya el nino ya, perihal ini yang perlu dilihat,” jelas Ekonom Indef Rusli Abdullah lewat telpon, Senin (12/11/2018).

Harga gabah yang bertambah juga punya pengaruh pada produksi beras yang menyusut. Karena gabah adalah sumber dari penanaman padi yang akan di produksi jadi beras.

“Sebab supply ikut, jika gabah naik bermakna kan itu dari sawahnya ya, produksinya (beras) menyusut” imbuhnya.

Beberapa petani gabah ikut punya pengaruh dalam produksi beras. Karena gabah yang mereka taruh semestinya diterbitkan ke petani beras.

“Jika beras bertambah itu memang sebab gabahnya tidak ada atau sebab gabahnya belumlah di-share sama rumah tangga (petani),” kata Rusli.

Untuk terwujud turunnya harga beras, memerlukan kordinasi pada petani gabah dan petani beras untuk tingkatkan produksi beras. Karena bila hal tersebut tidak dikerjakan, produksi beras akan terhalang