Netralitas Sang Pengadil Lapangan Uruguay-Inggris Kini Dipertanyakan, FIFA Berikan Tanggapan

Netralitas Sang Pengadil Lapangan Uruguay-Inggris Kini Dipertanyakan, FIFA Berikan Tanggapan

infoagen338a.com – Sepert diketahui jika Carlos Velasco Caballo yang menjabat sebagai wasit pertandingan yang mempertemukan Inggris kontra Uruguay pada laga lanjutan di Grup D Piala Dunia 2014, memang pernah mencuat pada beberapa hari lalu lantaran diragukan dengan netralitasnya ketika memimpin pertandingan yang bakal diadakan, Kamis (19/6) besok.

Dikarenakan, Caballo yang datang dari Spanyol kini berada dalam satu konfederasi bersama Inggris. Caballo pun juga dicurigai bakal berpihak pada tim berjuluk The Three Lions. Walau sebenarnya, wasit yang datang dari konfederasi netral sampai kini jadi prioritas utama FIFA.

Untuk membenarkan hal semacam ini, jubir FIFA yakni Delia Fischer pun menyebutkan bila Caballo terus memiliki hak dalam memimpin pertandingan itu dengan menyebutkan dua persyaratan. “Mutu senantiasa jadi persyaratan pertama untuk penunjukkan wasit dan persyaratan kedua yakni, wasit tak bisa memimpin pertandingan timnya maupun pertandingan yang memainkan negaranya sendiri. Ini menjadi persyaratan dalam pemilihan wasit.” beber Fischer.

Caballo yang kini berusia 43 tahun tersebut memang telah menjadi sang pengadil lapangan FIFA semenjak 2008. Selama menjadi wasit, pria ini sudah pemimpin pertandingan pembuka di Euro 2012 yang digelar di Polandia serta Yunani dimana dirinya telah mengeluarkan kartu merah untuk masing-masing tim.

Dan kini pihak FIFA pun memang sedang diterpa gosip terkait dengan kompetensi wasit menyusul penampilan Yuichi Nishimura pada laga pembuka di Piala Dunia 2014 pada laga yang mempertemukan Brasil serta Kroasia. Wasit yang berasal dari Jepang tersebut lakukan sebagian ketentuan yang layak diperdebatkan seperti penalti kontroversial untuk tim tuan rumah.