Neil Telah Bebas Dari Lapas Kelas I Cipinang

Neil Telah Bebas Dari Lapas Kelas I Cipinang – Neil Bantleman, sisa guru Jakarta International School (JIS) , udah bebas. Neil memperoleh grasi dari Presiden Joko Widodo.

” Neil Bantleman memperoleh grasi dari presiden. Telah bebas dari Lapas Kelas I Cipinang, ” kata Kabag Humas Ditjen Sesuai, Ade Kusmanto, Jumat (12/7/2019) .

Berita bebasnya Neil Bantleman itu dikabarkan oleh beberapa media internasional.

Reuters mengambil Dirjen Permasyarakatan Sri Puguh Utami, yang menjelaskan Neil Bantleman udah terima grasi.

Menurut UU No. 22 Tahun 2002 perihal Grasi, grasi yaitu pengampunan berbentuk pergantian, peringanan, pengurangan, atau pembubaran penerapan pidana pada terpidana yang dikasihkan oleh Presiden.

Biarpun pemberian grasi bisa mengedit, memudahkan, kurangi, atau menghapuskan keharusan menekuni pidana yang dijatuhkan pengadilan, tak bermakna menyingkirkan kekeliruan juga bukan rehabilitasi pada terpidana.

Kakak Neil Bantleman, Guy, menjelaskan adiknya itu telah kembali pada Kanada. Selain itu, Neil Bantleman mengatakan kalau ia tak bersalah.

” Lima tahun yang kemarin, saya dituding dengan tak benar serta dikatakan bersalah pada aksi kriminil yang tak saya melakukan, ” kata Neil Bantleman dalam info tercatat, Jumat (12/7) .

Berita bebasnya Neil Bantleman pun dikabarkan media Kanada, CBC. Neil dikatakan telah ada di Ontario, Kanada, mulai sejak akhir Juni saat lalu.