Masyarakat Perkotaan Tingkat Stresnya Lebih Tinggi

Masyarakat Perkotaan Tingkat Stresnya Lebih Tinggi – Walau tinggal di kota tawarkan banyak sarana, namun persaingan yang tinggi antar warga bikin orang kota condong stres.

Melonjaknya kelas menengah di Indonesia membawa makin beberapa orang yang geser ke kota. Sayangnya hal semacam itu tak diimbangi dengan kemampuan ekonomi kota hingga menyebabkan banyak permasalahan.

” Ada tiga permasalahan paling utama urbanisasi, yakni harga tempat tinggal yang makin mahal, transportasi atau kemacetan, serta permasalahan sosial seperti tingginya kriminalitas, ” kata Imaddudin Abdullah, peneliti untuk Institut Pengembangan Ekonomi serta Keuangan (Indef) dalam diskusi di Jakarta.

Dalam riset diketemukan, grup yang mempunyai stres tinggi yaitu wanita, orang dengan pendapatan yang rendah, dan orang yang kurang pendidikan.

Imaddudin menyampaikan, ekonomi memanglah jadi aspek yang menyebabkan munculnya stres di orang-orang. ” Cost hidup perkotaan begitu tinggi, namun lapangan kerja yang berikan pendapatan yang cukup untuk hidup di dalam kota begitu terbatas, ” tuturnya.

Psikolog Liza Marielly Djaprie mengatakan, keadaan urban yang stresnya tinggi itu membutuhkan kecerdasan emosional hingga individu dapat mengelola emosinya dengan baik.

” Tingkat penerimaan tiap-tiap orang pada stres tidak sama, ini begitu di pengaruhi oleh kecerdasan emosionalnya, ” kata Liza.

Walaupun berpendidikan tinggi, namun bila tak mempunyai kecerdasan emosional orang itu bakal gampang jadi stres.

Liza berikan anjuran untuk turunkan stres, diantaranya konsentrasi pada apa yang berlangsung pada sekarang ini. ” Fikiran kita kerap loncat-loncat, ke saat lantas serta hari esok. Susah ada di peristiwa sekarang ini. Nah, ini butuh dilatih dengan meditasi serta latihan pernafasan, ” katanya.

Diluar itu, dianjurkan juga untuk menggerakkan hoby serta nikmati hidup. ” Bila lagi di kantor nikmati kebersamaan dengan bebrapa rekanan kerja, bila dirumah nikmati serta syukuri keluarga yang dipunyai, ” tuturnya.

Pola hidup yang sehat juga dapat kurangi stres. Menurut FX Widiyatmo, Corporate Business Development Deputy Director PT Kalbe Farma, berolahraga teratur dapat dibuktikan turunkan hormon stres.

Pola makan yang sehat juga dapat menolong turunkan kandungan stres. ” Makanan yang memiliki kandungan mineral seperti pisang dapat turunkan desakan darah serta kemelut otot. Mengkonsumsi omega-3 yang baik untuk otak berguna juga menghimpit resiko penyakit akibat stres, ” tuturnya.