Lombok Timur Diguncang Gempa Berkekuatan M 5,4

Lombok Timur Diguncang Gempa Berkekuatan M 5,4 – Gempa Lombok Timur kemampuan M 5,4 berpusat di darat pada 20 km arah utara Kota Selong pada kedalaman 19 km, Minggu (17/3) jam 14.07 WIB. Selang dua menit lalu, berlangsung gempa susulan dengan M 5,1. Terdaftar 499 rumah rusak serta 32 rubuh.

“Berdasar pada pendataan yang dikerjakan BPBD Lombok Timur, efek gempa sudah mengakibatkan dua orang wafat, 44 orang luka-luka, 32 unit rumah rubuh serta 499 unit rumah rusak tengah serta rusak mudah,” kata Kepala Pusat Data Info serta Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pada wartawan.

BMKG mencatat gempa ini termasuk juga dalam klasifikasi dangkal karena kegiatan sesar lokal di seputar Gunung Rinjani. Hasil analisa proses sumber tunjukkan jika gempa dipacu penyesaran turun (normal fault).

Gempa dirasa kuat saat 2-5 detik di Lombok Timur. Penduduk cemas serta berhamburan ke luar rumah.

Dua orang wafat ialah wisatawan asal Malaysia yang tertimpa material longsoran di lokasi Air Terjun Tiu Kelep, Kabupaten Lombok Utara yang ada dibawah kaki Gunung Rinjani. Satu korban wafat telah diidentifikasi atas nama Tommy (14) masyarakat Malaysia, sedang yang satunya belumlah bisa diidentifikasi. Korban luka-luka sekitar 44 orang dimana 36 orang masyarakat Indonesia serta 8 orang WNA Malaysia.

Sekitar 36 wisatawan (22 wisatawan dari Malaysia serta 14 wisatawan domestik) sudah sukses dievakuasi dari lokasi Air Terjun Tiu Kelep. Diluar itu seputar 50 orang sukses dievakuasi dari Pos 2 ke Pos 3 di Gunung Rinjani dalam keadaan aman. Mereka ialah team survey jalan pendakian Gunung Rinjani yang datang dari TNGR, BPBD NTB, Geopark, Porter, PVMBG, Orplas, TO, TNI serta Polri.

“Perlakuan darurat masih tetap dikerjakan. BPBD bekerjasama dengan beberapa pihak seperti TNI, Polri, BMKG, Basarnas, SKPD, Tagana, relawan serta yang lain. Team Reaksi Cepat BPBD lakukan kaji cepat serta pendataan efek gempa. BPBD NTB sudah mengirim pertolongan berbentuk makanan siap saji, terpal, lauk pauk, matras, mie instant serta telor. Pendataan selalu dikerjakan,” terangnya.