Contoh Makanan Yang Kaya Antioksidan

Contoh Makanan Yang Kaya Antioksidan – Anti-oksidan adalah kemampuan yang membuat perlindungan kita dari beragam penyakit serta bermanfaat memperlambat sistem penuaan. Anti-oksidan sendiri keberadaannya begitu perlu untuk badan lantaran mempunyai bermacam jenis kegunaan serta manfaat untuk kesehatan badan manusia.

Salah satu kegunaan yang paling perlu dari anti-oksidan untuk badan yakni melawan radikal bebas pada badan. Bermakna telah terang bila seorang mempunyai takaran anti-oksidan pada badan yang rendah, orang itu rawan terserang bermacam type penyakit seperti penyakit kanker serta jantung.

Lantaran itu, kehadiran anti-oksidan begitu perlu untuk kesehatan badan manusia serta umumnya anti-oksidan diketemukan didalam buah buahan serta sayuran.

Di bawah ini sebagian makanan yang kaya anti oksidan, seperti ditulis laman Care2, Minggu (19/2) .

1. Bluberi

Blueberry dikira sebagai superfruit lantaran kandungan gizinya. Bluberi memiliki kandungan antosianin, flavonoid yang dikira mempunyai kemampuan anti-oksidan kuat.

Blueberry mempunyai indeks glikemik rendah, jadi walaupun rasa-rasanya manis, konsumsi mereka tidak lagi memicu lonjakan gula darah

Blueberi di kenal sebagai makanan otak lantaran buah ini menolong tingkatkan manfaat memori serta tunda degenerasi kognitif yang dipicu oleh penuaan
2. Raspberi

Raspberry juga ada dalam daftar paling atas makanan paling kaya anti-oksidan lantaran mereka memiliki kandungan takaran yang baik dari vitamin C serta antosianin (senyawa tanaman yang melakukan tindakan sebagai pigmen) .

Namun jantung dari kemampuan raspberry ini terdapat pada ellagitannins serta asam ellagic, yang sanggup menghancurkan beberapa sel kanker dengan memicu apoptosis (atau kematian sel normal) .

3. Plum

Plum sanggup mengikis sembelit serta mereka juga sumber anti-oksidan lantaran memiliki kandungan senyawa polifenol yang dimaksud asam hydroxycinnamic.

Asam hydroxycinnamic juga mendestabilkan susunan sel radikal bebas.

4. Teh

Teh memiliki kandungan anti-oksidan dari polifenol, zat gizi mikro yang menolong menghindar penyakit degeneratif seperti kanker.
5. Cranberry

Menurut satu studi USDA, cranberry merupakan diantara makanan yang paling kaya anti-oksidan. Mereka bukan sekedar tawarkan vitamin C serta E, akan tetapi juga selenium serta asam ellagic.

6. Kenari

Kenari berusaha keras untuk meyakinkan manfaat badan seperti semestinya. Mereka dapat :

– Kurangi peradangan di semua badan.

– Meningkatkan manfaat endotel atau seberapa baik jantung berkontraksi.
Meningkatkan seluruh profil lipid yang mencakup trigliserida serta cholesterol keseluruhan.

7. Kacang hitam

Kacang hitam memiliki kandungan takaran yang berlimpah dari fitonutrien. Senyawa ini dipercaya kurangi resiko kanker usus besar, penyakit jantung serta diabetes type 2. Mereka juga tinggi protein serta serat.

8. Kacang merah

Satu studi temukan kalau cuma 1/2 cangkir kacang merah mempunyai gabungan dari 13. 727 anti-oksidan.

Bagian dari apa yang bikin type kacang-kacangan begitu efisien merupakan kandungan flavonoidnya yang tinggi. Flavonoid adalah senyawa botani yang mempunyai bermacam kegunaan positif, seperti :

-Mengurangi eksim.
-Mengurangi tanda-tanda alergi serta asma.
-Bertindak sebagai agen antivirus.
-Mengurangi resiko kanker.