Anies Baswedan Mengatakan Tidak Mungkin Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan Bebas Dari Tumpukan Sampah

Anies Baswedan Mengatakan Tidak Mungkin Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan Bebas Dari Tumpukan Sampah – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak mungkin Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan bebas dari tumpukan sampah. Karena, menurutnya, sampah yang berton-ton mengalir ke Pintu Air Manggarai tidak bisa ditangani dalam sekejap.

“Pikirkan jika hadir sampah sampai 500 ton mustahil tuntas dalam dua jam,” kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 16 November 2018.

Anies menginspeksi Pintu Air Manggarai pada Rabu malam, 14 November 2018. Hari inilah pastikan tempat itu bersih dari tumpukan sampah.

Perihal ini berlainan dengan upload UPK Tubuh Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melalui account Instagram empat hari kemarin. Dalam account @upkbadanairdlhdki terlihat ada tumpukan sampah di pinggir Pintu Air Manggarai. Petugas terlihat mengusung sampah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memonitor Pintu Air Manggarai, Jakarta, 5 Februari 2018. Anies mengecheck ketinggian air di Pintu Air Manggarai yang telah sampai 780 cm.. TEMPO/Fakhri Hermansyah

Menurut Anies, satu upload itu dipotret cuma dalam tempo dua detik. Semestinya ada upload sebelum dan setelah perlakuan tumpukan sampah di Pintu Air Manggarai.

“Jika difoto pagi setelah itu tidak ada gambar kembali kesannya seperti tidak ditangani (pembersihan sampah),” papar Anies.

Walau sebenarnya, lanjut Anies, petugas selalu bersihkan sampah. Ia mengapresiasi kerja petugas. “Yang 1/2 mati kerja di lapangan,” tutur ia.