Akibat Banjir Di Mandailing Ratusan Rumah Terendam Banjir

Akibat Banjir Di Mandailing Ratusan Rumah Terendam Banjir  – Dua desa di Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut) , terendam banjir. Akibatnya, beberapa ratus tempat tinggal warga di Desa Patiluban Hulu serta Hilir terendam air setinggi 80 cm.. Banjir juga mengakibatkan arus jalan raya menuju Pantai Barat terganggu serta terancam terputus.

Banjir mulai dirasa oleh warga mulai sejak Senin 27 November 2017 jam 20. WIB. Waktu itu, air Sungai Batang Natal, meluap karna curah hujan yang cukup tinggi mulai sejak beberapa waktu yang kemarin. Tempat tinggal warga di dua desa juga terendam air.

Bahkan juga arus jalan raya, baik menuju Kota Panyabungan (Ibu kota Mandailing Natal) ataupun Pantai Barat, hampir putus. Sebab, tubuh jalan tertutup air setinggi 70 cm.. Beberapa ratus sepeda motor serta mobil nampak tidak bisa melintas.

Beberapa warga yang menuju Pantai Barat ataupun Panyabungan mesti menambah sepeda motor ke atas gerobak dorong. “Kami tidak dapat lewat, karna ketinggian air meraih 70 cm. di tubuh jalan, ”ujar Pajri, salah seseorang warga yang terserang imbas banjir kala melintas dari tubuh jalan.

Menurut Pajri, ada 4 titik area banjir yang kronis di dua desa itu. Dia mengharapkan pada pemerintah supaya selekasnya menormalisasi Sungai Batang Natal, karna banyak yang dangkal. ”Saya mengharapkan supaya sungai itu secepat-cepatnya dinormalisasi, hingga kami tidak rasakan banjir begini tiap-tiap tahunnya, ” tandasnya.

Sampai sekarang, ketinggian air di dua desa itu belum juga surut, karna hujan masihlah turun. Di kuatirkan, jika curah hujan masihlah tinggi, jadi bakal berlangsung banjir yang semakin besar.